Ini Dia Fakta Unik Parfum yang Harus Kamu Tahu

Lovers, jika kamu seorang penggemar parfum sejati, kamu harus mengetahui fakta unik parfum berikut ini.

Berawal dari Arab

Ilmuwan Arab, Al-Kindi (Alkindus), ternyata sudah menulis buku tentang parfum dan distilasi sejak abad IX. Di antara tulisannya tersebut terdapat 107 cara dan resep membuat parfum serta alat-alat pembuatnya.

Diciptakan untuk menyamarkan bau badan

Seni membuat parfum ini telah menyebar ke Eropa sejak abad XIV. Di Eropa, dunia perparfuman berkembang pesat. Salah satu penyebabnya adalah mereka zaman dulu orang malas mandi. Maka untuk menyamarkan bau badan, mereka menggunakan parfum.

Parfum lilin

Orang-orang Mesir Kuno jika akan pergi ke pesta atau istana, biasanya melumuri tubuhnya dengan lilin beraroma. Lilin tersebut terbuat dari lemak yang dicampur aroma berbagai bunga. Saat lilin tersebut bergesekan dengan badan atau saat tubuh berkeringat, aroma wangi lilin pun menyebar.

Kota terwangi

Kota Grasse di Perancis sering dijuluki sebagai ibukota wewangian dunia. Industri parfum di kota ini telah berkembang sejak abad XVI. Hingga sekarang ratusan pabrik wewangian masih berdiri di sana. Di kota ini juga terdapat Museum Parfum Internasional.

Parfum tertua

Parfum tertua ditemukan para arkeolog di Cyprus. Parfum berusia lebih dari 4.000 tahun ini diekstrak dari lavender, bay, rosemary, cemara, dan ketumbar. Dikemas dalam botol mungil bening dari batu pualam putih.

Parfum Termahal

Kita harus membayar US$ 2.350 untuk mendapatkan 30 ml parfum Clive Christian No. 1 dari Inggris. Guinness World Records mencatatnya sebagai parfum termahal di dunia, arena botolnya yang terbuat dari kristal murni yang dilapisi emas 18 karat. Sementara pada leher botol terdapat berlian putih 5 karat. Di dunia hanya terdapat 10 botol parfum ini.